Terima Kasih Honda Buat Dani Pedrosa

Terima Kasih Honda Buat Dani Pedrosa
Dani Pedrosa. Foto: Gold and Goose

jpnn.com, MUGELLO - Hubungan mesra Dani Pedrosa dengan Honda yang terjalin panjang sejak 2001, akan selesai di akhir musim ini. Repsol Honda, Selasa (5/6) kemarin resmi mengumumkan perpisahannya dengan Pedrosa.

Juara dunia tiga kali Jorge Lorenzo yang kini membela Ducati masuk radar sebagai pengganti.

Pedrosa mengawali karier di kelas MotoGP bersama Honda sejak 2006. Sebelumnya bersama pabrikan Jepang itu dia lebih dulu menjadi juara dunia 250cc dua tahun berturut-turut yakni pada 2004 dan 2005. Pedrosa juga pernah menjadi juara dunia kelas 125cc pada 2003 juga dengan Honda.

Namun, dalam 12 tahun berkarier di MotoGP, gelar juara dunia Pedrosa di kelas premium tak kunjung datang. Capaian terbaiknya sampai saat ini adalah sebagai runner up. Itu dia raih tiga kali yakni pada 2007, 2010, dan 2012.

“Saya ingin berterima kasih kepada HRC (Honda Racing Corporation) atas semuanya,” ucap Pedrosa dilansir Motorsport. “Saya tumbuh tidak hanya sebagai pembalap, namun juga sebagai seorang pribadi bersama mereka. HRC akan selalu ada di hati saya,” tambahnya.

Pedrosa sejatinya masih mengharapkan sodoran perpanjangan kontrak sejak awal musim. Namun, perfomanya yang sangat melorot di enam balapan pertama tahun ini membuat pimpinan-pimpinan Repsol Honda tak kunjung mengabulkan permintaan itu. “Dalam hidup selalu dibutuhkan tantangan baru. Sekarang saya siap untuk perubahan itu,” ucap Pedrosa.

Setelah Pedrosa gagal finis di Mugello pada Minggu (3/6), Honda akhirnya mengambil keputusan final ini. Sampai sekarang Pedrosa baru mengumpulkan 29 poin dan bertengger di posisi 12 klasemen pembalap. Dia juga belum sekalipun naik podium.

Meski demikian, Honda menampik bahwa mereka memutus kontrak Pedrosa secara sepihak. Mereka menyebut berakhirnya kerja sama dengan Pedrosa adalah buah dari kesepakatan bersama. “Hari ini adalah hari bersedih bagi saya,” ucap Presiden HRC Yoshishige Nomuda dilansir Motorsport.

Torehan terbaik Dani Pedrosa bersama Honda di kelas MotoGP adalah runner-up 2007, 2010, dan 2012.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News