Terjunkan Amfibi Boat ke Lokasi Banjir di Ibukota Kaltara

Terjunkan Amfibi Boat ke Lokasi Banjir di Ibukota Kaltara
Amfibi boat merupakan hibah dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) akan membantu bencana banjir di Tanjung Selor. Foto: Ipunk/Bulungan Post/JPNN

jpnn.com - TARAKAN - Bencana banjir yang melanda Tanjung Selor saat ini mendapat perhatian berbagai pihak, salah satunya Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tarakan. Untuk mengatasi bencana banjir tersebut, BPBD Tarakan mengirimkan 7 personel, 1 unit amfibi boat dan 1 unit raber boat beserta mesinnya.

"Sesuai permintaan dari hasil koordinasi kita, bahwa diminta bantuan berupa personil dan peralatan. Kalau untuk logistik mereka sudah siap di sana (Tanjung Selor)," ujar Kepala BPBD Tarakan, Abdul Azis Hasan dilansir Bulungan Post (Grup JPNN.com), Jumat (13/2).

Menurut Azis, sejumlah personel dan peralatan yang dikirimkan akan langsung ke lokasi banjir. Namun, tentu akan berkoordinasi dengan BPBD Kabupaten Bulungan maupun Provinsi Kaltara.

Sehingga BPBD Tarakan akan menyesuaikan mengenai lokasi titik banjir nanti. hal-hal apa yang dilakukan BPBD Tarakan saat berada Tanjung Selor akan berkoordinasi dengan pihak setempat.

Azis mengakui, untuk amfibi boat merupakan penggunaan perdana sejak hibahan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) tahun 2014 lalu.

"Iya sejak amfibi boat diberikan ke BPBD Tarakan, ini kita mau ujicoba. Karena kebetulan medan di sana (Tanjung Selor) cocok, dengan kondisi jalan tergenang air. Apakah bisa berfungsi maksimal atau tidak," jelasnya.

Untuk informasi, amfibi boat ini dilengkapi peralatan Global Positioning System (GPS) yang mampu mendeteksi suhu tubuh manusia yang tenggelam. Amfibi boat memiliki kelebihan dapat berjalan di air dan darat dengan dilengkapi mesin 150 PK. Selain itu, dilengkapi mesin darat tapi dengan kecepatan terbatas.

Bahkan untuk mengoperasikan amfibi boat, BPBD Tarakan telah melatih khusus dua personil menjadi operator. Terkait berapa lama personil dan peralatan BPBD Tarakan berada di Tanjung Selor, kata Azis semua tergantung situasi dan kondisi.

TARAKAN - Bencana banjir yang melanda Tanjung Selor saat ini mendapat perhatian berbagai pihak, salah satunya Badan Penanggulangan Bencana Daerah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News