Terkait HGU Mesuji, Menhut Nilai Urusan Daerah

Terkait HGU Mesuji, Menhut Nilai Urusan Daerah
Terkait HGU Mesuji, Menhut Nilai Urusan Daerah
JAKARTA—Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, angkat bicara soal kasus Mesuji yang terjadi di dua Provinsi berbeda. Latar belakang kasus yang terjadi di Sumatera Selatan dan Lampung ini katanya berlatar belakang sengketa tanah warga dengan perusahaan perkebunan. Karena itu pula, masalah Hak Guna Usaha (HGU) menjadi urusan pemerintah daerah dan bukan tanggungjawab Kementrian Kehutanan.

‘’Itu urusan pengusaha sama rakyat. Tidak ada urusan dengan pemerintah pusat.  Soal itu (HGU) urusan daerah, karena sekarang sudah otonomi daerah,’’ tegas Zulkifli menjawab wartawan di Istana Negara, Jumat (16/12).

Sebelumnya, ketua Komnas HAM Ifdhal Kasim dalam keterangan persnya mengungkapkan, sebenarnya ada tiga kasus di wilayah yang sama-sama bernama Mesuji. Dua kasus terjadi di Provinsi Sumsel dan satu kasus lainnya di Provinsi Lampung.

Kasus pertama terjadi antara PT Sumber Wangi Alam (SWA) dengan warga di Sungai Sodong, Kecamatan Mesuji, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel). Peristiwa terjadi  pada 21 April 2011. Ada pembunuhan, yakni 2 warga disembelih. Pembunuhan terhadap warga ini membuat warga marah karena menduga 2 warga tewas korban dari PT SWA. Akhirnya, warga menyerang PT SWA yang menyebabkan 5 orang tewas yaitu 2 orang Pam Swakarsa dan 3 orang karyawan perusahaan.

JAKARTA—Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan, angkat bicara soal kasus Mesuji yang terjadi di dua Provinsi berbeda. Latar belakang kasus yang terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News