Terlalu Banyak Beban, Jadi Tidak Fokus

Hendra Kwee Soroti Sistem Pendidikan Indonesia

Terlalu Banyak Beban, Jadi Tidak Fokus
Terlalu Banyak Beban, Jadi Tidak Fokus
JAKARTA--Pemerintah harus mengubah sistem pendidikan untuk anak SD sampai SMA. Sistem yang ada sekarang dinilai membebani siswa dan hanya menguasai suatu ilmu di kulitnya saja. Penegasan tersebut dikatakan Hendra Kwee, pengamat pendidikan yang juga pembina tim olimpiade Fisika saat ditemui JPNN di Citywalk, Selasa (27/7).

"Bagaimana siswa kita bisa mendalami suatu pelajaran kalau di sekolah disodori 16 mata pelajaran. Itupun siswa diwajibkan harus mendapatkan nilai bagus," ujarnya.Secara logika, lanjut Hendra, bagaimana siswa dapat memahami seluruh mata pelajarannya. Kalaupun dikuasai hanya yang dangkal-dangkal saja.

"Coba diuji kalau mereka menguasai benar salah satu mata pelajaran. Pasti mereka tidak tahu," katanya.Akibatnya siswa jadi sulit ketika menentukan pilihan untuk melanjutkan pendidikan. "Problema itu paling banyak dialami siswa SMU. Mereka bingung mau kuliah di mana karena tidak punya keahlian di satu pelajaran," tandasnya.

Untuk mengatasi itu, Hendra menyarankan agar sistem pendidikannya diubah. Misalnya membatasi jumlah mata pelajaran dan siswa diberi kesempatan untuk memilih salah satu untuk didalami."Mendingan mata pelajarannya sedikit tapi didalami, daripada banyak tapi tidak dikuasai," ucapnya. (Esy/jpnn)
Berita Selanjutnya:
Tuntut Jadi Kampus Negeri

JAKARTA--Pemerintah harus mengubah sistem pendidikan untuk anak SD sampai SMA. Sistem yang ada sekarang dinilai membebani siswa dan hanya menguasai


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News