Ternyata Ini Alasan Penderita Kanker Tidak Berani Lakukan Deteksi Dini

Ternyata Ini Alasan Penderita Kanker Tidak Berani Lakukan Deteksi Dini
Waspadai ciri-ciri kanker payudara TNBC. Foto: AMDC

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu mengungkapkan data terkait kasus kanker.

Dia mengatakan data Globocan 2020 menunjukkan bahwa kasus kanker yang paling tinggi di Indonesia ialah payudara dan leher rahim.

"Kanker payudara pada tahun 2020, data menunjukkan 65.858 (kasus, red) dan kanker leher rahim 36.633," kata Maxi dalam keterangannya, Kamis (3/2).

Menurut dia, kanker merupakan salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi di dunia, yakni berkisar 100 juta kematian per tahun.

Untuk itu, Maxi meminta seluruh fasilitas kesehatan untuk meningkatkan layanan deteksi dini bagi pasien penderita kanker.

"Pencegahan harus dilakukan di awal dengan melakukan deteksi dini. Kemudian, melakukan pencegahan dengan mengilangkan faktor risiko," ujar Maxi.

Plt Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kemenkes Elvieda Sariwati mengatakan aspek budaya dan pembiayaan masih menjadi tantangan dalam menangani kanker di Indonesia.

"Masih ada tantangan yang harus dihadapi, yaitu kepedulian masyarakat bahwa kurangnya pengetahuan, perasaan takut, bahkan malu untuk melakukan pemeriksaan," tutur Elvieda.

Dengan skrining dan deteksi dini, kanker payudara maupun leher rahim dapat disembuhkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News