Teror Solo Seret JAT, Polisi Belum Perlu Garap Ba'asyir

Teror Solo Seret JAT, Polisi Belum Perlu Garap Ba'asyir
Teror Solo Seret JAT, Polisi Belum Perlu Garap Ba'asyir
JAKARTA - Sejumlah informasi di tengah publik menyebutkan jaringan teroris baru di Solo, Bayu cs terkait erat dengan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) besutan Abu Bakar Ba"asyir. Meski demikian, Markas Besar Polri belum meminta keterangan Ba"asyir terkait hal tersebut.

Ba"asyir -kelahiran 17 Agustus 1938- masih mendekam di Rumah Tahanan Bareskrim Polri setelah menjadi terpidana 15 tahun penjara karena dituduh mendanai pelatihan teroris di Aceh dan mendukung terorisme di Indonesia. "Belum dimintai keterangan karena belum ada melihat keterkaitan dalam keterangan untuk proses pembuktian. Jadi proses pembuktian dari olah TKP dan periksa saksi serta  tersangka. Jadi kita belum mengarah pada pemeriksaan Ba"asyir," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Polri, Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar di Jakarta, Selasa (4/9).

Boy belum dapat memastikan apakah kelompok Bayu Cs termasuk dalam JAT. Pasalnya, saat ini dari hasil pemetaan kepolisian ada beberapa kelompok yang berafiliasi dengan JAT seperti kelompok NII kewilayahan.

"Ini memiliki keterkaitan dengan yang terdahulu tapi mereka sendiri kelompok baru yang informasinya  belum tetapkan namanya. Mereka juga memiliki hubungan dengan pelaku-pelaku sebelumnya. Jadi ini tidak terlepas ada cantolannya dengan yang terdahulu," papar Boy.

JAKARTA - Sejumlah informasi di tengah publik menyebutkan jaringan teroris baru di Solo, Bayu cs terkait erat dengan Jamaah Ansharut Tauhid (JAT)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News