Teroris Lone Wolf Tetap Bermotif Menciptakan Ketakutan

Teroris Lone Wolf Tetap Bermotif Menciptakan Ketakutan
Lokasi penikaman oleh teroris terhadap seorang personel Brimob di Masjid Falatehan Jalan Palatehan Blok M Jaksel, Jumat (30/6/17) Malam. FOTO: FEDRIK TARIGAN/ JAWA POS

jpnn.com, JAKARTA - Mabes Polri memastikan terduga teroris Mulyadi yang menusuk anggota Brimob Polri tidak terafiliasi dengan kelompok teroris mana pun. Polisi menduga Mulyadi melakukannya dengan pola lone wolf atau serigala tunggal.

Menurut Wakil Ketua Rancangan Undang-undang (RUU) Terorisme Supiadin Aries Saputra, meski penusuk Brimob itu bertindak sendirian tapi tetap saja tujuannya adalah menebar ketakutan. Sebab, aksi lone wolf hanya salah satu cara melakukan teror.

"Itu kan (lone wolf, red) modus. Tapi motifnya sama yaitu membunuh untuk menimbulkan ketakutan massal. Modusnya menggunakan bom atau pisau," kata Supiadin di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin (3/7).

Politikus Partai NasDem yang juga pensiunan TNI dengan pangkat terakhir mayor jenderal itu menambahkan, yang perlu didalami adalah pergeseran pola teror. Yakni dari teror secara berkelompok, menjadi aksi perorangan.

Menurutnya, bisa jadi para teroris sudah kehabisan bahan baku bom sehingga mengalihkan aksinya secara perorangan agar mudah bergerak dan sulit terdeteksi. Terlebih lagi, sekarang mereka muncul di tempat yang tidak terduga dan sistem pengamanannya relatif lemah seperti masjid.

Karenanya Supiadin mengatakan, hal pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan orientasi warga tentang keamanan. "Mau ke mal, kantor pos, pasar, toilet, masjid maka harus dipastikan secure (aman, red),” katanya.

Dia juga merespons positif keinginan Kemendagri mengaktifkan kembali early warning system di masyarakat. Misalnya mewajibkan warga yang bertamu ke wilayah lain selama 1x24 jam harus melapor ke RT/RW.

"Karena itulah diperlukan peran masyarakat," tegasnya.(boy/jpnn)


Mabes Polri memastikan terduga teroris Mulyadi yang menusuk anggota Brimob Polri tidak terafiliasi dengan kelompok teroris mana pun. Polisi menduga


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News