Terpesona Osama karena Dermawan

Terpesona Osama karena Dermawan
Yusuf Anis. Foto: Dok.Pribadi/Ist
MELIHAT sosok Yusuf Anis, warga Kranggan, Lamongan, orang pasti gampang salah menilai kalau dia pernah lama berhubungan dengan Osama bin Laden. Bertubuh sedikit gempal, Yusuf sehari-hari berdagang baju muslim di Pasar Lamongan.

Dikenal murah senyum, tentu saja orang yang baru mengenal Yusuf Anis tak akan menyangka bahwa dia adalah seorang veteran perang Afghanistan dengan kemampuan kombatan yang tak kalah oleh tentara profesional. Dia juga pernah bergaul dan terlibat dengan sejumlah nama tenar. Salah satunya adalah Osama bin Laden.

Ya, Yusuf termasuk angkatan pertama orang Indonesia yang bergabung dengan Akademi Militer Mujahidin dan berjuang bersama kaum tersebut untuk menumbangkan rezim Presiden Najibullah yang didukung komunis Soviet.

Perkenalan pertama lelaki yang biasa disapa Abu Bilal itu dengan kaum tersebut terjadi pada 1985?1986. Saat itu dia masih menjadi mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya. Dia kemudian direkrut NII. "Kalau sekarang, mungkin saya bisa dibilang sebagai korban NII," katanya, kemudian tergelak.

MELIHAT sosok Yusuf Anis, warga Kranggan, Lamongan, orang pasti gampang salah menilai kalau dia pernah lama berhubungan dengan Osama bin Laden. Bertubuh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News