JPNN.com

Terungkap Alasan Bupati Indramayu Mengundurkan Diri

Senin, 12 November 2018 – 10:42 WIB Terungkap Alasan Bupati Indramayu Mengundurkan Diri - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bupati Indramayu Anna Sophana tidak bisa langsung berhenti bertugas meski DPRD setempat telah mengumumkan pengunduran dirinya lewat sidang paripurna. Pasalnya, masih ada sejumlah tahap yang harus dilewati sebelum dia benar-benar berstatus mantan bupati Indramayu. Yakni, pengajuan pengunduran diri kepada Mendagri.

Dirjen Otonomi Daerah Sonny Sumarsono menjelaskan, proses di DPRD Indramayu terkait dengan mundurnya Anna telah selesai. ’’DPRD segera menyampaikan usul pemberhentian tersebut melalui gubernur (Jawa Barat) untuk diteruskan kepada Mendagri,’’ terangnya di Jakarta, seperti diberitakan Jawa Pos.

Bila usul itu sudah ada, barulah Mendagri bisa memprosesnya. ’’Bupati Indramayu tetap melaksanakan tugas sampai Mendagri menerbitkan secara resmi keputusan pemberhentian beliau,’’ lanjutnya.

Rencananya, Anna dijadwalkan menghadap dan diterima Mendagri Tjahjo Kumolo besok (13/11) siang di Kemendagri.

Sonny menuturkan, timnya sudah bertemu dengan Anna terkait dengan pengunduran diri tersebut. Dalam pertemuan itu, Anna menjelaskan bahwa pengunduran dirinya murni karena alasan keluarga. ’’Ingin mengabdikan dirinya untuk merawat dan mengurus keluarga beserta orang tua beliau,’’ tutur Sonny.

Suami Anna, Irianto Mahfudz Sidik Syafiuddin yang dikenal dengan panggilan Yance, saat ini sakit-sakitan pascaoperasi. Begitu pula, sang ayah yang kondisinya sudah tua juga memerlukan perawatan khusus. Apalagi, dia disebut hanya mau makan bila disuapi Anna.

Anna juga menyampaikan kepada tim otda perihal penyesalannya saat sang bunda meninggal. Pasalnya, pada hari duka itu, dia tidak bisa hadir karena sedang melaksanakan perjalanan dinas di luar Indramayu. Kondisi tersebut makin menguatkan niat Anna untuk mundur dari jabatannya.

’’Karena khawatir tidak bisa membagi waktu dengan baik antara mengurus keluarga dan bertugas sebagai bupati untuk melayani masyarakat,’’ jelas Sonny.

Dengan mundurnya Anna, Wabup Indramayu Supendi akan menggantikan tugasnya sebagai bupati. Supendi akan dilantik sebagai bupati bila Anna sudah resmi diberhentikan.

Bersama Supendi, Anna sudah menjalani periode keduanya sebagai bupati Indramayu selama 2 tahun 9 bulan. Dia meneruskan kepemimpinan Yance dengan terpilih sebagai bupati pada akhir 2010. (byu/c5/fat)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...