Mendagri Telisik Penyebab Bupati Indramayu Mengundurkan Diri

Mendagri Telisik Penyebab Bupati Indramayu Mengundurkan Diri
Mendagri Tjahjo Kumolo. Foto: Humas Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo telah mengirimkan tim untuk menyelidiki alasan pengunduran diri Bupati Indramayu Anna Sophanah.

Saat ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (7/11), Tjahjo mengatakan secara normatif dirinya sudah menerima laporan mengenai pengunduran Anna, tapi alasan yang mendasarinya apa masih dicari tahu.

"Normatifnya sudah ada. Tapi apa yang melandasi? Karena, ingat lho, secara etika politik ya itu maju Pilkada dipilih oleh rakyat untuk sebuah masa jabatan kepala daerah, minimal lima tahun. Belum lima tahun, sanksi moralnya enggak ada. Tapi enggak bisa tahu-tahu mundur, nggak bisa," kata Tjahjo.

Mantan sekjen DPP PDI Perjuangan ini menganalogikan ketika presiden memilih dirinya menjadi menteri, maka dia tidak bisa secara tiba-tiba mengundurkan diri tanpa diperintah mundur.

Karena itu, Tjahjo telah menurunkan timnya ke Indramayu untuk mencari tahu alasan Anna mundur dari jabatan kepala daerah di sana. Sebab, kondisinya berbeda dengan beberapa kepala daerah lain yang mundur karena berhalangan tetap, atau terkena masalah hukum.

"Saya sudah kirim tim ke sana, bertemu Ibu Bupati, apa sih yang (mendasari), dia calon DPR juga tidak," tambah Tjahjo.(fat/jpnn)


Mendagri Tjahjo Kumolo mengirim tim untuk menyelidiki apa sebenarnya penyebab Bupati Indramayu mengundurkan diri.


Redaktur & Reporter : M. Fathra Nazrul Islam

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News