Senin, 24 Juni 2019 – 20:41 WIB

Terungkap, Ribuan Suara Milik Sejumlah Partai Bergeser ke NasDem

Minggu, 12 Mei 2019 – 05:15 WIB
Terungkap, Ribuan Suara Milik Sejumlah Partai Bergeser ke NasDem - JPNN.COM

jpnn.com, SLEMAN - Ribuan suara milik PPP dalam Pemilu 2019 di daerah pemilihan 4 (Depok, Berbah) Kabupaten Sleman, Yogyakarta, ternyata bergeser ke Partai NasDem.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sleman menemukan suara yang hilang ternyata bukan hanya milik PPP. Tapi juga beberapa partai lain, seperti Hanura, Berkarya, dan Perindo. Hanya, pergeseran suara tiga partai tersebut tak sebanyak PPP.

“Ada sekitar 1.200-an suara yang bergeser ke Partai Nasdem,” beber Koordinator Hukum, Data, dan Informasi, Bawaslu Sleman Arjuna al Ichsan Siregar seperti diberitakan Radar Jogja (Jawa Pos Group).

Kasus tersebut adalah fakta hukum baru temuan Bawaslu yang akan diusut sampai tuntas. "Kami akan bahas dulu di Bawaslu dan segera ditindaklanjuti," sambungnya.

Arjuna mengatakan, kasus tersebut terkuak saat proses rekapitulasi suara di tingkat kabupaten. Saat penghitungan suara di kecamatan tidak ada laporan pergeseran suara dari panwascam. Karena itu Bawaslu wajib untuk menindaklanjuti.

BACA JUGA: 3 dari 6 Kursi DPR Dapil Jabar VI akan Diduduki Perempuan, Pengamat: Harus jadi Prototipe Daerah Lain

"Kalau tidak ditindaklanjuti (Bawaslu, Red) malah salah. Karena akan melanggar kode etik dan dianggap melakukan pembiaran. Makanya ini kami kaji faktanya," jelas Arjuna.

Pergeseran suara tentu menguntungkan Partai Nasdem. Jika ribuan suara yang bergeser tidak terdeteksi, sangat mungkin Nasdem bakal mendapat satu kursi DPRD Sleman di dapil 4.

SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar