Tes Keaslian dengan Digigit

Tes Keaslian dengan Digigit
Tes Keaslian dengan Digigit
SURABAYA - Aksesori berbahan batu alam memang menarik. Bahkan, sampai ada yang membuat tiruannya dari bahan plastik dan batu masakan. Masyarakat diminta lebih teliti sebelum membeli.

''Saya sering dicurhati teman-teman yang tertipu ketika membeli aksesori. Dikira batu alam, ternyata yang dibeli adalah aksesori bahan plastik atau batu masakan,'' ucap desainer aksesori Dewi Rosa.

Misalnya, Devina Rosita, 25. ''Ya, karena tidak tahu bedanya. Ternyata, yang aku beli jenis batu masakan,'' kenangnya. Dia menambahkan, setelah dipakai beberapa kali, warna batu berubah. ''Yang semula merah jadi agak memutih,'' imbuhnya.

Mereka yang berpengalaman memang bisa membedakan antara batu alam dan bahan plastik. ''Beratnya jelas beda,'' papar Dewi. Cara lain adalah digigit. Pada batu alam asli, terasa ada pasirnya saat digigit. Pada batu masakan, ketika digigit, tidak terasa apa-apa. ''Jadi, memang harus teliti membedakannya,'' tutur perempuan 37 tahun itu. (ai/nda/mas)

SURABAYA - Aksesori berbahan batu alam memang menarik. Bahkan, sampai ada yang membuat tiruannya dari bahan plastik dan batu masakan. Masyarakat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News