JPNN.com

Teten Masduki: Koperasi Dimungkinkan Mencari Investor

Minggu, 12 Juli 2020 – 22:36 WIB
Teten Masduki: Koperasi Dimungkinkan Mencari Investor - JPNN.com
Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM), Teten Masduki. Foto: Dok. ILUNI UI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Ikatan Alumni (IKA) Universitas Diponegoro Maryono mengatakan, pemanfaatan teknologi penting bagi pertumbuhan ekonomi, termasuk koperasi dan UMKM pada masa pandemi virus Corona (COVID-19). 

Maryono mengatakan hal itu dalam diskusi virtual bertajuk 'Perubahan Era New Normal Digitalisasi Memberikan Peluang Koperasi Sebagai Usaha Bersama Sharing Ekonomi dan Sosial', Minggu (12/7).

"New platform koperasi-UMKM menjadi alternatif solusi sistem ekonomi yang mengedepankan kesejahteraan sosial, di masa new normal sebagai implikasi pandemi Covid 19," ujar Maryono.

Untuk itu, kata Maryono, UMKM baik di desa maupun perkotaan membutuhkan jejaring secara digital untuk meningkatkan sumberdaya manusia dan meningkatkan dari segi permodalan. 

Pandangan senada dikemukakan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.

Menurutnya, koperasi masa kini harus berani bersaing bahkan dengan korporasi. Karena itu koperasi perlu membangun jejaring yang tepat.

Teten juga mengatakan, untuk menjadi besar koperasi dapat melakukan merger sehingga mampu mencari skala usaha yang lebih besar dan bersaing. 

"Koperasi juga dimungkinkan untuk mencari investor. Meski begitu, harus didukung dengan peningkatan standar pengawasan dan perlindungan bagi investor," katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ridha