Tiap Sejam Dua Ibu Meninggal

Target MDGs Terancam Tidak Tercapai

Tiap Sejam Dua Ibu Meninggal
Tiap Sejam Dua Ibu Meninggal
JAKARTA-Pernah mendengar ungkapan surga di bawah telapak kaki ibu? Kalau pernah, tentu kita miris mendapat kabar masih tingginya angka kematian ibu (AKI) melahirkan.

’’Bayangkan, tiap tahun ada 17 ribu ibu meninggal. Setiap satu jam, di Indonesia ada dua ibu meninggal,’’ kata Ketua Panitia Aliansi Pita Putih Indonesia (APPI) Ir Dra Giwo Rubianto Wiyogo MPd pada acara Hari Perempuan Sedunia di Press Room II Nusantara I DPR RI Jakarta kemarin.

Giwo menyebut, tingginya AKI merupakan bentuk keprihatinan nasional. Karena itu, Pemerintah dan anggota DPR harus peduli kepada ibu hamil. Imbauan kepada pemerintah dan DPR ini karena kurangnya rasa kepedulian mereka terhadap keselamatan ibu Indonesia. Khususnya yang tengah hamil dan  melahirkan nifas. ’’Saya harapkan anggota Parlemen jangan hanya berteori. Ayo lakukan dengan kerja nyata. Harus turun juga ke bawah memberikan sosialisai bersama kami,’’ ajak dia.

Kalau AKI tidak segera ditekan, Giwo khawatir target Tujuan Pembangunan Milenium (MDGs) pada 2015 tidak tercapai. AKI saat ini masih 226 per 100 ribu kelahiran hidup. Sedangkan, target MDGs tahun 2015 yaitu 102 per 100 ribu kelahiran hidup. ’’Sehingga, perlu terobosan untuk menghindari percepatan penurunan AKI,’’ tegas mantan Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) ini.

JAKARTA-Pernah mendengar ungkapan surga di bawah telapak kaki ibu? Kalau pernah, tentu kita miris mendapat kabar masih tingginya angka kematian ibu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News