Tidur Malam, Sebaiknya Pakai AC atau Tidak?

Tidur Malam, Sebaiknya Pakai AC atau Tidak?
Tidur. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - Tidur di ruangan yang sejuk karena berpendingin memang lebih nyaman dan tidur pun cenderung lebih nyenyak karena tidak bikin gerah. Namun, bagi kesehatan, apakah tidur pakai AC itu aman?

Lingkungan yang nyaman adalah faktor penting untuk tidur nyenyak dan sehat. Anda disarankan untuk menjaga suhu kamar tidur dalam kisaran suhu sekitar 18,3 derajat Celcius.

Rekomendasi tersebut muncul karena fakta bahwa suhu tubuh turun selama tidur. Ini membuat suhu ruangan yang seju, tidak panas dan tidak terlalu dingin akan membantu Anda untuk tidur dan tidak terbangun.

Beda dengan orang dewasa, bayi membutuhkan suhu ruangan sedikit lebih tinggi, tetapi tidak terlalu tinggi agar tidak kepanasan.

Suhu yang baik untuk tidur pakai AC

Menurut National Sleep Foundation, rekomendasi suhu AC yang baik saat tidur adalah 60-67 Fahrenheit (setara dengan 15,5-19,4 derajat Celcius). Rekomendasi tersebut punya landasan ilmiah, yaitu berkaitan dengan regulasi internal suhu tubuh.

Suhu internal tubuh berubah dalam jangka waktu 24 jam (dikenal sebagai ritme sirkadian). Tubuh mulai kehilangan panas ketika mulai waktunya untuk tidur.

Temperatur ini terus menurun hingga mencapai suhu terendah, yakni sekitar jam 5 pagi.

Lingkungan yang nyaman adalah faktor penting untuk tidur nyenyak dan sehat. Lalu perlukah menggunakan AC?

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News