Tiga Bandara Tertutup Abu, Jarak Pandang Satu Meter

Tiga Bandara Tertutup Abu, Jarak Pandang Satu Meter
Kondisi pesawat di Bandara Juanda yang berselimut abu tebal hingga ditunda penerbangannya. FOTO: Gunawan, Imey Boim for JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Letusan gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang, Jawa Timur mempengaruhi operasional Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta. Bandara tersebut ditutup dan belum ada kepastian kapan beroperasi lagi.

"Kondisi Bandara Adi Sucipto ditutup untuk hari ini hingga batas waktu yang belum ditentukan. Jarak pandang saat ini antara satu hingga limameter. Kondisi bandara dan jalan raya sudah tertutup abu vulkanik," kata Kepala Pusat Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, Bambang S Ervan kepada JPNN, Jumat (14/2).

Bukan hanya Bandara Adi Sucipto. Bambang menjelaskan, Bandara Adi Soemarmo, Solo hari ini juga ditutup. Bahkan ada maskapai yang sudah membatalkan penerbangan pagi ini.

"Operasional Bandara Adi Soemarmo untuk hari ini ditutup. Maskapai Trigana sudah membatalkan penerbangan pagi ini yang dijadwalkan mendarat di Bandara Adi Soemarmo. Jarak pandang kurang dari 500 meter," ujar Bambang.

Bambang menyatakan, operasional Bandara Juanda, Surabaya juga ditutup pagi ini. Dia menambahkan, jarak pandang di runway saat ini kurang dari 100 meteri. Kondisi appron dan jalan raya di sekitar bandara sudah tertutup oleh abu vulkanik.

"Dua penerbangan uji coba rute baru maskapai Garuda Indonesia pagi ini sudah dibatalkan dikarenakan kondisi bandara yang tertutup abu vulkanik," ujar Bambang. (gil/jpnn)

 


JAKARTA - Letusan gunung Kelud yang terletak di Kabupaten Kediri, Blitar dan Malang, Jawa Timur mempengaruhi operasional Bandara Adi Sucipto, Yogyakarta.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News