Tiga Kabupaten Diresmikan

Tiga Kabupaten Diresmikan
Tiga Kabupaten Diresmikan
JAKARTA - Dari 12 kabupaten baru yang Undang-Undangnya disahkan Juni 2008, baru 3 kabupaten yang diresmikan. Ketiga kabupaten itu adalah Kabupaten Maluku Barat Daya dan Kabupaten Buru Selatan (Maluku), serta Kabupaten Anambas (Kepulauan Riau).  Untuk dua kabupaten di Maluku itu sudah ada Pjs bupatinya dan telah diresmikan awal September 2008. Sedang Kabupaten Anambas akan diresmikan Jumat (26/9) besok.

Juru Bicara Depdagri Saut Situmorang menjelaskan, semua kabupaten baru itu belum bisa diresmikan semuanya karena ada gubernurnya yang belum mengusulkan nama Penjabat (Pjs) Bupatinya. Antara lain  Gubernur Sumut Syamsul Arifin yang belum  mengusulkan nama-nama calon Pjs Bupati Labuhanbatu Utara dan Labuhanbatu Selatan ke Mendagri Mardiyanto.

Namun, kata Saut, para gubernur yang belum mengusulkan calon Pjs, masih memiliki waktu untuk menggodok nama-nama calon Pjs dimaksud.

"Kita gunakan ukuran Undang-Undang pembentukannya saja. Bahwa paling lambat enam bulan setelah Undang-Undang pembentukan suatu daerah otonom diundangkan, daerah otonom dimaksud sudah diresmikan dan dilantik Pjs kepala daerah. Karena Undang-Undangnya diundangkan Juli 2008, maka masih ada waktu hingga Januari 2009," papar Saut Situmorang kepada JPNN.Com di Jakarta, Rabu (24/9).

JAKARTA - Dari 12 kabupaten baru yang Undang-Undangnya disahkan Juni 2008, baru 3 kabupaten yang diresmikan. Ketiga kabupaten itu adalah Kabupaten

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News