Tiga Komunitas Hitam Hadang KPK

Tiga Komunitas Hitam Hadang KPK
Tiga Komunitas Hitam Hadang KPK
JAKARTA - Wakil Ketua KPK, Bibit Samad Riyanto menilai tantangan yang dihadapi KPK jauh lebih berat dibandingkan dengan yang dihadapi lembaga sejenis di luar negeri. Setidaknya, ada tiga komunitas hitam yang menurutnya menghadang KPK yaitu komunitas politisi hitam, ekonom hitam dan aparat hukum hitam.

"Tiga-tiganya takut dengan KPK. Sudah ada contoh kasusnya," kata dia dalam acara buka puasa bersama di KPK, Jumat (27/8). Sedangkan lembaga antikorupsi di luar negeri, sambung Bibit, rata-rata hanya punya musuh politisi hitam.

"Mereka mengaku paling berat ketika menghadapi kasus korupsi yang menyangkut politik dan akhirnya KPK-nya kalah. Di sini kita malah hadapi tiga," jelasnya.

Meski dihadang tiga elemen hitam dan menghadapi risiko dikriminalisasi, Bibit menganggap KPK di Indonesia tetap eksis.  Bahkan dia berkomitmen untuk terus membenahi jajaran internal KPK dan memperbaiki SOP (Standard Operation Procedure) dalam menangani kasus. "Ini supaya kita tidak kecolongan lagi," ujar dia.

JAKARTA - Wakil Ketua KPK, Bibit Samad Riyanto menilai tantangan yang dihadapi KPK jauh lebih berat dibandingkan dengan yang dihadapi lembaga sejenis

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News