Tiga Mahasiswa Tewas, Rektor UII Mengundurkan Diri

Tiga Mahasiswa Tewas, Rektor UII Mengundurkan Diri
Anggota Polres Karanganyar memberikan pengarahan kepada Mapala UII setelah kejadian dua mahasiswa meninggal, Jumat (20/1). Polres Karanganyar for Radar Solo/JPNN.com

jpnn.com - jpnn.com - Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Harsoyo resmi mengundurkan diri dari jabatannya.

Pengunduran dirinya itu dilakukan setelah tiga mahasiswa kampusnya tewas saat menjalani pendidikan dasar Mahasiswa Pencita Alam (Mapala).

"Saya mundur sebagai rektor UII sebagai tanggung jawab moral. Ada hal-hal yang harus dilakukan sehingga terpaksa saya tangani dulu. Kesalahan bukan pada anak buah tapi pada pimpinan," ujar Harsoyo dalam jumpa pers di Yogyakarta, Kamis (26/1).

Dalam jumpa pers Harsoyo didampingi Menristekdikti Muhamad Nasir dan Koordinator Kopertis V Bambang Supriyadi.

Dia juga mengucap maaf atas insiden yang menimpa tiga mahasiswanya itu.

Harsoyo mengakui itu adalah kejadian fatal. Apalagi, dia mengatakan, tidak pernah terjadi insiden demikian di kampusnya.

"Kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya. Kami tak pernah berharap seperti ini. Mapala didirikan UII pada 1974. Kejadian memilukan baru terjadi kali ini. Civitas akademika syok," imbuhnya.

Tiga mahasiswa yang tewas diduga karena mendapat kekerasan dari seniornya selama kegiatan The Great Camping (TGC) Mapala UII, 13-20 Januari, di Gunung Lawu, Lereng Selatan, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Rektor Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Harsoyo resmi mengundurkan diri dari jabatannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News