Tiga Mahkota Baru untuk Puteri Indonesia 2016

Tiga Mahkota Baru untuk Puteri Indonesia 2016
Miss Universe Paula Vega (kanan) bersama Putri Indonesia Anindya Kusuma Putri. Foto. dok. JPNN.com

JAKARTA--Mahkota Puteri Indonesia yang dikenakan Anindya Kusuma Putri sebentar lagi berpindah tangan. Masa tugasnya segera habis dan digantikan oleh puteri baru yang akan terpilih. Saat ini proses pencarian wakil Indonesia untuk berkompetisi di kontes kecantikan Miss Universe telah dimulai. Sebanyak 39 finalis dari 34 provinsi mengikuti masa karantina Pemilihan Puteri Indonesia (PPI) 2016 sejak Jumat (12/1). Masa karantina berlangsung selama seminggu hingga 19 Februari mendatang.

Tahun lalu, gelar Puteri Indonesia dimenangkan oleh wakil dari Provinsi Jawa Tengah, Anindya Kusuma Putri. Anin -sapaannya- meraih prestasi cukup baik untuk Indonesia di Miss Universe 2015 Desember lalu. Dia mempertahankan posisi top 15 yang diraih Indonesia dua tahun berturut-turut.

Wakil dari provinsi mana yang akan menang tahun ini? Well, semua kontestan memiliki peluang yang sama. Namun, tiga pemenang kali ini bakal mengenakan mahkota baru. Setelah sembilan tahun (dari 2007, Red), Yayasan Puteri Indonesia (YPI) akhirnya mendesain mahkota baru. Ketua Dewan Pembina YPI Putri K. Wardani menyatakan, pihaknya telah membuat tiga mahkota.

''Kami buat yang betul-betul mencirikan Indonesia. Namun, tetap disesuaikan dengan aturan dari Miss Universe,'' jelasnya.

Mengambil tema Borobudur, mahkota yang terbuat dari emas putih PLG itu memiliki lekukan khas stupa candi tersebut. Selain emas putih, tiga mahkota cantik itu dipadukan dengan mutiara dan batu berwarna merah, biru, dan hijau.

Pemilihan tiga warna itu menjelaskan makna masing-masing. Batu merah yang disematkan pada mahkota Puteri Indonesia punya makna keberanian. Batu hijau yang disematkan pada Puteri Indonesia Lingkungan Hidup mewakili hijaunya hutan Indonesia. ''Batu biru yang dipakai Puteri Indonesia Pariwisata melambangkan Indonesia yang dikelilingi lautan biru,'' papar Putri. (and/c19/jan/flo/jpnn)


JAKARTA--Mahkota Puteri Indonesia yang dikenakan Anindya Kusuma Putri sebentar lagi berpindah tangan. Masa tugasnya segera habis dan digantikan oleh


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News