JPNN.com

Tiga Pembobol Mesin ATM BNI Akhirnya Diringkus Polisi, Satu Lagi Buron

Selasa, 14 Juli 2020 – 22:17 WIB
Tiga Pembobol Mesin ATM BNI Akhirnya Diringkus Polisi, Satu Lagi Buron - JPNN.com
Ketiga pelaku percobaan pembobolan mesin ATM BNI digiring petugas kepolisian ke tempat konferensi pers di Mapolres Lhokseumawe, Selasa (14/7). Foto: ANTARA/Dedi Syahputra

jpnn.com, LHOKSEUMAWE - Polisi akhirnya berhasil menangkap tiga dari empat orang komplotan pembobol mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI 46 di Jalan Medan-Banda Aceh Desa Mancang Kecamatan Samudera Kabupaten Aceh Utara.

Ketiga pelaku berinisial KB (25), NF (33) dan ZF (31) tersebut merupakan warga Kota Lhokseumawe. Kemudahan satu orang lainnya berstatus buron atau masuk dalam daftar pencarian orang (DPO).

"Dalam waktu kurang dari 24 jam, polisi berhasil mengamankan tiga pelaku pembobolan mesin ATM BNI 46 di Aceh Utara dan satu lainnya masih buron atau DPO," kata Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto SIK MH saat konferensi pers di Mapolres Lhokseumawe, Selasa (14/3).

Dikatakan Kapolres, upaya percobaan pembobolan ATM sudah direncanakan oleh komplotan tersebut sejak bulan Mei 2020. Setiap pelaku memiliki tugas masing-masing.

"Modus operandi komplotan ini adalah berpura-pura menjadi petugas BNI yang hendak memeriksa mesin ATM," katanya.

Ia menjelaskan bahwa usaha percobaan pembobolan mesin ATM dilakukan disiang bolong yang terjadi pada hari Senin (13/7) sekitar pukul 11.30 WIB.

Pada saat itu saksi didekat TKP melihat adanya satu unit mobil Avanza nopol BL 703 N berhenti di depan ATM dan turun dua orang laki-laki memakai pakaian seragam kemeja biru layaknya sales dan memakai masker serta membawa tas ransel dan masuk ke dalam ATM.

Kemudian kata Eko Hartanto, tidak lama berselang datang petugas BNI dikawal oleh anggota Brimob dengan menggunakan satu unit mobil minibus untuk melakukan pengisian uang di mesin ATM tersebut.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
budi