Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi, Anak Buah SBY Bilang Begini

Tiga Tahun Pemerintahan Jokowi, Anak Buah SBY Bilang Begini
Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Syarief Hasan. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Besok (20/10) pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) menginjak usia ketiga. Namun, sampai saat ini masih banyak hal yang perlu dibenahi, termasuk kinerja dan kekompakan Kabinet Kerja.

Menurut Wakil Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Syarif Hasan, memang sudah ada hal baik selama tiga tahun kepemimpinan Jokowi yang berduet dengan Jusuf Kalla. “Tapi, ada juga yang harus lebih banyak diperhatikan,” kata Syarif di gedung DPR, Jakarta, Kamis (19/10).

Anggota Komisi I DPR itu menuturkan, hal yang harus diperhatikan misalnya masalah kesenjangan sosial, kemiskinan dan keberpihakan pemerintah kepada rakyat kecil. “Kemudian kekompakan kabinet ini harus betul-betul lebih dievaluasi lagi dan harus betul dibuat kompak,” ujar anak buah Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) di PD itu.

Mantan menteri koperasi dan UKM itu mengatakan, pemerintah sebaiknya tidak hanya fokus pada infrastruktur. “Karena infrastruktur itu tidak berdampak sekarang,” tegasnya.

Sedangkan Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan mengatakan, tidak bisa dipungkiri bahwa pemerintahan Jokowi-JK selama tiga tahun ini sangat memprioritaskan pembangunan infrastruktur. Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) itu mengaku memahami keinginan Jokowi menjadikan infrastruktur sebagai fundamental ekonomi. 

Namun, Taufik juga mengingatkan agar infrastruktur tidak menjadi program mercusuar, sementara hal penting lainnya tidak diperhatikan. “Kami yakin pemerintah tidak akan meninggalkan secara tidak seimbang unsur terkait kesejahteraan masyarakat, lapangan pekerjaan, penurunan kemiskinan dan seterusnya,” paparnya di gedung DPR, Kamis (19/10).

Dia mengingatkan pemerintah, yang harus menjadi prioritas ke depan tidak hanya jalan tol saja. Namun, kata dia, jalan lain sebagai urat nadi yang sangat dibutuhkan masyarakat dan tidak membutuhkan biaya untuk masuk harus menjadi perhatian.

“Walaupun sekarang sudah elektronik tol tapi tetap bayar juga,” kata Taufik.(boy/jpnn)


Pemerintahan Presiden Jokowi akan menginjak usia ketiga. Namun, sejauh ini masih banyak hal yang perlu dibenahi, termasuk kinerja dan kekompakan Kabinet Kerja.


Redaktur & Reporter : Boy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News