JPNN.com

Tiket Pesawat Murah Tersedia untuk Penerbangan Selasa, Kamis, Sabtu

Rabu, 03 Juli 2019 – 05:45 WIB Tiket Pesawat Murah Tersedia untuk Penerbangan Selasa, Kamis, Sabtu - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah meminta maskapai berbiaya murah atau low cost carrier (LCC) untuk menurunkan harga tiket pesawat, pada jam-jam dan rute tertentu.

Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono mengatakan, hingga saat ini rata-rata harga tiket pesawat Lion Air terhadap TBA (tariff batas atas) turun, dari 54,2 persen menjadi 42,7 persen. Atau secara persentase, penurunan harga tiketnya mencapai 11 persen. Sementara Air Asia tarifnya 38,3 persen dari TBA, sehingga sudah cukup rendah.

“Dapat disimpulkan bahwa harga tiket LCC kelas ekonomi yang melayani penerbangan domestik di Indonesia dapat bergerak di bawah 50 persen dari TBA. Itu harapan kami ke depannya,” kata Susi saat konferensi pers Senin (1/7).

Nantinya, tiket-tiket pesawat yang diklaim murah itu akan tersedia untuk penerbangan hari Selasa, Kamis dan Sabtu. Tiket tersebut tersedia untuk jam-jam keberangkatan antara pukul 10.00-14.00 waktu setempat.

BACA JUGA: Kepala BKN: Kalau Semua Honorer Masuk, Pusing Saya

Namun, alokasi seat-nya tertentu saja dari total kapasitas pesawat. Artinya, hanya akan ada beberapa kursi saja dalam satu penerbangan yang diberikan tiket dengan harga 50 persen dari TBA.

Biaya penerbangan murah ini akan ditanggung bersamaa oleh maskapai, pengelola bandara, penyedia bahan bakar dan Airnav.

“Jadi antara maskapai, Angkasa Pura 1 dan 2, Pertamina dan lain-lain itu yang akan menanggung penerbangan murah ini. Ini juga supaya maskapai tidak menanggung sendiri, supaya tidak memberatkan,” ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...