Tilang Elektronik di Bekasi, 10 Kamera Pengawas Dipasang

Tilang Elektronik di Bekasi, 10 Kamera Pengawas Dipasang
Kamera pengawas tilang elektronik telah terpasang di Simpang Sentra Grosir Cikarang, Jalan RE Martadinata Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Foto: Pradita Kurniawan Syah/Antara

jpnn.com, KABUPATEN BEKASI - Pemkab Bekasi, Jawa Barat, memasang sepuluh kamera pengawas guna mendukung upaya kepolisian dalam penerapan tilang elektronik sekaligus menunjang program Smart City.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bekasi Uju mengatakan, sepuluh kamera pengawas ini rencananya dipasang di empat ruas jalan dengan volume kendaraan yang relatif padat.

"Sebagian kamera pengawas sudah terpasang khususnya di Simpang SGC Cikarang Utara yang menjadi lokasi pertama penerapan tilang elektronik ini pada pertengahan bulan ini berdasarkan koordinasi dengan Polres Metro Bekasi," katanya, Jumat (5/3).

Uju menjelaskan di Simpang Sentra Grosir Cikarang, Jalan RE Martadinata Desa Cikarang Kota, Kecamatan Cikarang Utara saat ini telah terpasang kamera pengawas dengan posisi telah menyala dan siap beroperasi.

"Di lokasi itu ada dua kamera, satu arah Karawang dan satu lagi mengarah ke Cibitung. Delapan kamera lagi rencananya dipasang di tiga titik lainnya," kata dia. Tiga titik itu di antaranya Jalan Ki Hajar Dewantara Desa Simpangan Kecamatan Cikarang Utara atau dekat dengan Mapolres Metro Bekasi, Perempatan Kawasan Industri Ejip Desa Sukaresmi Kecamatan Cikarang Selatan, serta simpang arah Perkantoran Pemkab Bekasi di Desa Sukamahi Kecamatan Cikarang Pusat.

"Pemasangan di tiga titik ini menyusul kemudian namun rencananya di tahun ini juga," ucapnya.

Uju menyebut kamera Electronic Traffic Law Enforcement ini sudah dilengkapi teknologi intelegent video analitic sehingga memudahkan melakukan monitoring secara detil dan otomatis. Pusat informasi dan data tilang elektronik ini akan dipantau pihak kepolisian.

Dia memastikan empat ruas jalan yang direncanakan sebagai titik penerapan tilang elektonik susah sesuai mengingat ruas jalan tersebut merupakan jalur yang selalu dipadati kendaraan.

Pemkab Bekasi memasang sepuluh kamera pengawas guna mendukung upaya kepolisian dalam penerapan tilang elektronik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News