Tim Pusat Selidiki Kecurangan CPNS

Tim Pusat Selidiki Kecurangan CPNS
Tim Pusat Selidiki Kecurangan CPNS
JAKARTA—Laporan kecurangan selama pelaksanaan seleksi CPNS ditanggapi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN&RB). Sudah sepekan ini, lembaga tersebut menurunkan tim ke daerah-daerah untuk mengecek langsung ke lapangan. Namun, hanya laporan dari pihak yang kredibel yang akan ditindaklanjuti. Laporan dari DPRD diutamakan untuk segera direspon.

“Laporan tentang kecurangan seleksi CPNS memang banyak, yang kita seriusi hanya laporan dari LSM (yang terdaftar, red) dan DPRD karena dilengkapi data. Kalau sekedar isu tidak kami tanggapi. Kita memang sengaja memberdayakan DPRD, karena fungsinya sebagai wakil rakyat,” kata Deputi MenPAN&RB Bidang SDM Aparatur Ramli Naibaho yang ditemui di kantornya, Kamis (14/1).

Kementrian APN&RB langsung mengirim tim ke daerah yang terdapat masalah sesuai yang dilaporkan. Adapun daerah yang diselidiki adalah beberapa kabupaten/kota di Sumatera Utara seperti Nias, Jawa Timur, dan Sulawesi Utara. “Kenapa baru tiga yang diselidiki, karena baru itu juga yang melapor resmi ke Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi melalui DPRD. Kalau di daerah lain ditemukan seperti itu silakan laporkan ke pusat melalui DPRD atau LSM yang terdaftar,” imbaunya.

Ditanya kasus apa yang menimpa daerah-daerah tersebut, menurut Ramli kebanyakan tentang kecurangan yang berbau KKN. Untuk mencari tahu tentang kejadian tersebut, tim pertama melakukan klarifikasi. Jika dalam klarifikasi ditemukan ada penyimpangan, penyelidikan terus dilanjutkan.

JAKARTA—Laporan kecurangan selama pelaksanaan seleksi CPNS ditanggapi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN&RB).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News