Tim Saber Pungli Usut Pemotongan Tunjangan Puskesmas

 Tim Saber Pungli Usut Pemotongan Tunjangan Puskesmas
Ketua Tim Saber Pungli NTB Kombes Pol Ismail Bafadal. Foto: Lombok Post/JPNN.com

jpnn.com, MATARAM - Tim Saber Pungli NTB masih mendalami kasus dugaan pemotongan tunjangan di Puskesmas Perampuan, Lombok Barat (Lobar). Sejumlah pihak terkait juga akan dipanggil dan dimintai keterangan. Hal ini untuk menguak modus dan motif dugaan penyimpangan tersebut.

Ketua Tim Saber Pungli NTB Kombes Pol Ismail Bafadal mengatakan, pemeriksaan sementara menyebutkan jika potongan tunjangan itu karena adanya perintah dari atasan.

"Ada semacam perintah kepada staf untuk memungut," kata Ismail, kemarin (29/9).

Mengenai siapa yang berperan dalam potongan tunjangan itu, Ismail tak ingin berspekulasi. Pihaknya masih melakukan pendalaman dari sejumlah barang bukti dan keterangan saksi.

Meski demikian, lanjut dia, ada dugaan perintah potongan itu dilakukan secara lisan oleh Kepala Puskesmas. Modusnya, setelah staf mendapat tunjangan, diminta untuk menyisihkan sejumlah dengan persentase yang diperintahkan.

"Setelah diserahkan, diminta untuk disisihkan. Hanya lewat lisan permintaan pemotongan itu," ungkap dia.

Mengenai alasan pemotongan untuk operasional, kata Ismail, masih dilakukan pendalaman. Termasuk sampai ke mana aliran dana uang hasil pemotongan tunjangan pegawai Puskesmas Perampuan.

"Kita masih dalami dulu untuk itu," kata dia.

Tim Saber Pungli NTB masih mendalami kasus dugaan pemotongan tunjangan di Puskesmas Perampuan, Lombok Barat (Lobar).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News