Tim Satgas Karhutla Pelalawan Berjibaku Padamkan Api di 12 Titik Panas

Tim Satgas Karhutla Pelalawan Berjibaku Padamkan Api di 12 Titik Panas
Pemadaman karhutla via udara. Foto: sumeks.co.id

jpnn.com, PELALAWAN - Tim gabungan satuan petugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Pelalawan masih berjibaku melakukan pemadaman api yang membakar sejumlah lahan di tiga kecamatan yakni Teluk Meranti, Kuala Kampar dan Kerumutan.

Pasalnya, Satelit Terra dan Aqua telah menemukan sebanyak 12 titik panas (hot spot) conviden di atas 70 persen kembali terpantau di wilayah hukum Kabupaten Pelalawan, Minggu (10/3).

"Titik hotspot tersebut tersebar di beberapa lokasi yakni Desa Pangkalan Terap Kecamatan Teluk Meranti, Desa Segamai Kecamatan Kuala Kampar dan Dusun Kopau Kelurahan Kerumutan Kecamatan Kerumutan. Hanya saja, kami belum dapat memastikan hotspot yang terjadi di Kecamatan Kuala Kampar dan Kerumutan.

"Pasalnya, saat ini tim Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan masih berada dalam perjalanan untuk melakukan pengecekan ke lapangan," terang Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pelalawan Hadi Penandio kepada Riau Pos (Jawa Pos Group), Minggu (10/3).

Hadi Penandio mengatakan, bahwa saat ini dirinya bersama Kapolres Pelalawan AKBP Kaswandi Irwan dan 220 petugas gabungan dari BPBD, Disbun, Damkar, TNI, Polri, Manggala Agni dan pihak swasta, tengah fokus melakukan upaya proses isolasi penyebaran api dan pendinginan di Desa Pangkalan Terap kecamatan Teluk Meranti.

Di mana di lokasi ini, api telah membakar lahan milik masyarakat dan perusahaan yakni PT Sumber Sawit Sejahtera (SSS) seluas 12 hektar.

"Dan alhamdulillah, berkat kerja keras tim gabungan di lapangan melakukan upaya pemadaman darat maupun pemadaman udara yakni water booming, maka saat ini titik api di Desa Pangkalan Terap telah berhasil dipadamkan. Namun demikian, tim gabungan masih tetap siaga dilapangan.”

“Pasalnya, Karhutla yang terjadi di Desa Pangkalan Terap ini merupakan lahan gambut yang cukup dalam. Sehingga kita masih terus waspada agar jangan sampai titik api yang telah berhasil dipadamkan dan berubah menjadi titik asap ini, kembali menjadi titik api," paparnya.

Tim gabungan satuan petugas kebakaran hutan dan lahan (Satgas Karhutla) Pelalawan masih berjibaku melakukan pemadaman api yang membakar sejumlah lahan di tiga kecamatan yakni Teluk Meranti, Kuala Kampar dan Kerumutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News