Tim Siber Pungli OTT Kasatker Pelabuhan Batuampar

Tim Siber Pungli OTT Kasatker Pelabuhan Batuampar
Tim Siber Pungli Polda Kepri meringkus satu orang terduga pelaku Pungli. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Tim Siber Pungli Polda Kepri meringkus satu orang terduga pungli di Pelabuhan Batuampar, pada Senin (8/5).

Satu orang yang ditangkap tersebut adalah Kepala Satuan Kerja Terminal Umum, Kantor Pelabuhan Laut BP Batam, Adil Setiadi.

Dari tangan terduga pungli ini, polisi berhasil mengamankan uang senilai Rp 16 juta, tiga unit ponsel dan satu unit mobil avanza hitam.

"Benar kami amankan satu orang terkait pungli di Pelabuhan Batuampar," kata Kapolda Kepri Irjen Pol Sam Budigusdian pada Batam Pos (Jawa Pos Group), Senin (8/5).

Dia mengatakan pungli sudah lama tercium oleh pihak kepolisian. Oleh sebab itu, tim OTT melakukan penyelidikan sekitar satu minggu. Dari penyelidikan tersebut, polisi menemukan adanya dugaan pungli.

Modus operandi yang digunakan Adil yakni meminta uang pelicin kepada perusahaan yang melakukan bongkar muat untuk mengeluarkan barang dari Kawasan Industri Batuampar.

"Saat diamankan, terduga ini meminta fee dari perusahaan yang ingin mengeluarkan barang berupa module," ujar Sam.

Padahal segala administrasi perusahaan tersebut sudah diselesaikan. Bahkan, kata Sam perusahaan itu telah menyetorkan sejumlah uang untuk penerimaan negara, dan ditrasnfer langsung ke rekening BP Batam.

Tim Siber Pungli Polda Kepri meringkus satu orang terduga pungli di Pelabuhan Batuampar, pada Senin (8/5).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News