Timor Leste Bantah Ingin Gabung Indonesia Lagi

Timor Leste Bantah Ingin Gabung Indonesia Lagi
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Perdana Menteri Timur Leste, Xanana Gusmao. Foto: Sydney Morning Herald.

jpnn.com - JAKARTA - Pihak Timor Leste kembali membantah berita di beberapa media yang menyebutkan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Yang Mulia Kay Rala Xanana Gusmao mengungkapkan keinginan Timor Leste bergabung lagi bersama Indonesia.

Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama Timor-Leste dalam siaran persnya, Jumat (10/10) menegaskan bahwa Perdana Menteri tidak pernah membuat pernyataan bahwa Timor Leste ingin bergabung lagi dengan Indonesia, selama menghadiri hari ulang tahun ke-69 Tentara Nasional Indonesia di Surabaya, Jawa Timru, 7 Oktober 2014.

"Perdana Menteri diwawancarai oleh salah satu stasiun televisi Indonesia, dimana ia menyatakan terima kasih atas undangan untuk upacara dan kepuasan atas kerjasama yang sangat baik yang terjalin antara kedua negara dan rakyatnya. Tidak ada pernyataan bahwa Timor Leste ingin bergabung kembali dengan Indonesia," kata Yang Mulia Dr. Constancio Pinto, Wakil Menteri Luar Negeri dan Kerjasama yang mendampingi Perdana Menteri saat upacara di Surabaya, Jumat (10/10).

Kementerian Luar Negeri dan Kerjasama mengutuk keras tindakan jurnalisme yang tidak bertanggungjawab dan tercela yang dapat mencemarkan dan membahayakan hubungan baik yang telah terjalin antara Timor-Leste dan Indonesia.

Pinto menyatakan Timor Leste dan Indonesia telah menikmati demokrasi dalam dekade terakhir. "Dan tidak akan ada demokrasi tanpa tanggungjawab serta media memiliki tanggung jawab terhadap penguatan demokrasi," kata Pinto.

Kemitraan antara Timor-Leste dan Indonesia telah kokoh berdasarkan prinsip saling menghormati, yang telah dibuktikan melalui kunjungan timbal balik tingkat tinggi antarpemimpin kedua negara, dukungan penuh pemerintah Indonesia untuk keanggotaan Timor Leste ke ASEAN, dan meningkatnya hubungan ekonomi dan perdagangan antara kedua negara dan rakyat.(boy/jpnn)


JAKARTA - Pihak Timor Leste kembali membantah berita di beberapa media yang menyebutkan Perdana Menteri Republik Demokratik Timor Leste, Yang Mulia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News