Tingkatkan Ekonomi Nasional, KOPITU Dukung Program Gratieks Kementan

Tingkatkan Ekonomi Nasional, KOPITU Dukung Program Gratieks Kementan
Menteri Pertanian RI Syahrul Yasin Limpo. FOTO: Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Komite Pengusaha UMKM Indonesia Bersatu (KOPITU) Yoyok Pitoyo mendukung program Kementerian Pertanian (Kementan) terkait Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor Pertanian atau Gratieks.

Dukungan ini disampaikan Yoyok saat menghadiri silaturahmi dengan Menteri Pertanian (Mentan RI) SyahruI Yasin Limpo di kantor Kementan RI Jl di Ragunan, Jakarta Selatan pada Rabu (9/9).

“Bagi UMKM yang sudah melakukan ekspor perlu ada pengembangan pasar, salah satunya melakukan penetrasi market di luar negeri. Untuk itu kami akan menyukseskan dan bersinergi dalam program Gratikes,” ujar Yoyok.

Dia menilai sinergitas yang dilakukan itu akan menjadi parameter bagi kebutuhan ekspor yang ada di negara-negara yang sudah ditentukan.

“Kami sudah bicarakan gagasan kami ke Pak Mentan untuk membentuk suatu Indonesia groseri yang langsung end user untuk bisa langsung ada parameter terukurnya,” jelasnya.

Yoyok juga mengatakan bahwa saat ini UMKM di sektor pertanian berjumlah hampir 100 ribu. Bahkan di tengah pandemi covid-19, hanya UMKM pertanian yang mengalami peningkatan permintaan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

“Eksistensi UMKM pertanian saat pandemi ini sangat luar biasa sekali, selebihnya UMKM yang di luar pertanian mengalami stagnan,” terang Yoyok.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam beberapa kesempatan kerap menyampaikan bahwa Gratieks merupakan upaya untuk mengakselerasi kinerja sektor pertanian sehingga berkontribusi positif terhadap perekonomian nasional.

Gerakan tiga tali lipat ekspor pertanian atau Gratieks Kementan dapat dukungan dari KOPITU.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News