Tingkatkan Ekspor Indonesia, Mahfud Menyiapkan 3 Strategi

Tingkatkan Ekspor Indonesia, Mahfud Menyiapkan 3 Strategi
Calon Wakil Presiden RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Mahfud MD saat debat cawapres di Jakarta, Jumat (22/12) malam. Foto: Ricardo/JPNN.com.

jpnn.com - JAKARTA - Calon Wakil Presiden RI nomor urut 3 di Pilpres 2024 Mahfud MD menyiapkan tiga strategi untuk meningkatkan kinerja ekspor Indonesia. Menurut Mahfud, tiga strategi itu sudah didiskusikannya bersama Capres RI nomor urut 3 Ganjar Pranowo.

"Saya sudah berdiskusi dengan Mas Ganjar, ada tiga hal yang menjadi strategi kami," kata Mahfud saat menjawab pertanyaan panelis dalam debat kedua Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (22/12) malam.

Mahfud menjelaskan strategi pertama, yakni mendorong diplomasi ekonomi para duta besar yang ada di luar negeri.

Menurut dia, hal itu sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyebut bahwa duta besar merupakan agen diplomasi ekonomi dengan negara-negara lain.

Strategi kedua, bersama Ganjar Pranowo, Mahfud akan mengintegrasikan perdagangan nasional dengan global, sehingga kualitasnya akan memenuhi standar internasional. "Untuk setiap (barang) yang kita punyai, mau dimasukkan ke dunia global, itu sudah jelas standarnya bisa diterima," ungkap Mahfud.

Adapun strategi ketiga, yaitu mendorong penguatan ekonomi nasional agar terus tumbuh dan memiliki daya saing. "Kami mengutamakan penguatan ekonomi nasional agar bisa tumbuh ke dalam dan kualitasnya bisa diterima di luar negeri," pungkas Mahfud.

Selepas debat pertama antar-capres pada Selasa (12/12), KPU menggelar debat kedua yang melibatkan tiga cawapres pada Jumat (22/12) di Jakarta.

Tema debat cawapres meliputi ekonomi kerakyatan, ekonomi digital, keuangan, investasi, pajak, perdagangan, pengelolaan APBN dan APBD, infrastruktur dan perkotaan. (antara/jpnn)

Video Terpopuler Hari ini:

Mahfud MD menyiapkan tiga strategi untuk meningkatkan kinerja ekspor Indonesia.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News