Tingkatkan Keamanan, Kemenhub Gandeng Perusahaan AS

Tingkatkan Keamanan, Kemenhub Gandeng Perusahaan AS
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA - Direktorat Keselamatan Kereta Api Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menjalin kerja sama dengan Honeywell. Honeywell merupakan perusahaan multinasional yang bergerak di bidang teknologi dan manufaktur yang berkantor di Morris Plains, New Jersey, Amerika Serikat.

Kerja sama tersebut terkait sistem deteksi dan peringatan keamanan kereta api pada lintasan sebidang.

"Sistem ini bisa melakukan pendeteksian dan memberikan peringatan pada kereta api maupun pengguna jalan di persimpangan, bila kereta api melewati perlintasan sebidang ada hambatan berupa benda maupun pengguna jalan, nanti akan berbunyi," ujar Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Hermanto Dwiatmoko.

Uji coba sistem tersebut telah dilakukan di lintasan sebidang Kereta Api JPL 57A, Bintaro, Tangerang, Jumat (4/3) hari ini. "Diharapkan sistem ini bisa mengurangi tingkat kecelakaan di lintasan kereta api, yang selama ini cukup banyak memakan korban," harap Hermanto.

Di Indonesia, produk dan sistem Honeywell telah didistribusikan dan dipergunakan sejak 1974. Hingga saat ini, terus berkembang dengan lebih dari 1,400 karyawan yang beroperasi di berbagai kota di Indonesia termasuk Jakarta, Surabaya, Batam, dan Bintan. (chi/jpnn)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News