Tingkatkan Keselamatan Penerbangan,Dirjen Udara Minta..

Tingkatkan Keselamatan Penerbangan,Dirjen Udara Minta..
Ilustrasi. Pesawat yang sedang parkir di bandara. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - jpnn.com - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengingatkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pemangku kepentingan penerbangan nasional.

Baik itu dari operator penerbangan, pengelola bandara, pengelola navigasi penerbangan, BMKG dan otoritas bandara.

Hal tersebut diingatkan untuk meningkatkan keselamatan penerbangan.

Untuk maskapai penerbangan, diminta untuk serius dalam menimplementasikan prosedur yang tertuang dalam company operations manual (COM), company maintenance manual (CMM) dan safety management system (SMS).

Pengelola maskapai juga harus melaksanakan simulator training dengan database yang updated sesuai dengan daerah operasi pilot.

"Jika beroperasi di Papua maka pilot dipersyaratkan melaksanankan mountaineous flying training," ujar Agus.

Selain itu, operator penerbangan diwajibkan mengoperasikan pesawat udara disesuaikan dengan fasilitas dan spesifikasi teknis operasional bandara mengingat sering terjadinya runway excursion.

Pihak management maskapai harus melakukan pemantauan lapangan (on-duty) oleh ke wilayah out station-nya secara random dan bergantian sebagai shock therapy jangka pendek, khususnya ke wilayah Papua yang sangat rentan dengan kejadian.

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso mengingatkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh para pemangku kepentingan penerbangan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News