2016, Angka Kecelakaan Penerbangan Meningkat

2016, Angka Kecelakaan Penerbangan Meningkat
Beberapa pesawat sedang terparkir. Foto Ilustrasi/jpnn.com

jpnn.com - jpnn.com - Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan kunjungan kerja ke wilayah Gorontalo dan Sulawesi Barat pada 3-5 Maret 2017.

Dalam kunjungan tersebut, Agus melakukan beberapa kegiatan. Di antaranya beraudiensi dengan Plt Gubernur Gorontalo di Bandara Pohuwato dan Gubernur Sulawesi Barat beserta jajarannya di Bandara Mamuju.

Selain itu Agus juga melakukan inspeksi di Bandara Pohuwato (Gorontalo) dan melakukan test landing di Morowali New Airport (Sulawesi Tengah). Serta terakhir bertemu dengan Kepala Otoritas Bandar Udara Makassar.

"Industri penerbangan di Indonesia mengalami peningkatan yang signifikan dari tahun ke tahun. Hal tersebut bisa dilihat dari jumlah penumpang transportasi udara yang menunjukkan pertumbuhan tinggi dibandingkan transportasi lainnya," tutur Agus.

Pada 2016 terjadi peningkatan jumlah penumpang transportasi udara domestik sebanyak 89.358.457 penumpang, naik 16,61 persen dibandingkan 2015. Sedangkan transportasi laut hanya meningkat sekitar 0,52 persen dan kereta api sebesar 7,94 persen.

Namun, peningkatan pertumbuhan industri penerbangan di Indonesia masih dibayangi dengan kecelakaan pesawat. Data dari Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT), pada 2016 terjadi 19 accident dan 26 serious incident.

Hal ini meningkat dari 2015 yang tercatat adanya 11 accident dan 17 serious incident pesawat udara.

“Mengingat hal tersebut, permintaan kebutuhan transportasi udara yang tinggi tetap harus dibarengi dengan penyediaan pelayanan yang berprioritas kepada keselamatan. Sesuai dengan amanat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bahwa transportasi harus mengedepankan keselamatan dan keamanan tanpa melupakan layanan kepada penumpang,” kata Agus.(chi/jpnn)


Direktur Jenderal Perhubungan Udara Agus Santoso melakukan kunjungan kerja ke wilayah Gorontalo dan Sulawesi Barat pada 3-5 Maret 2017.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News