Tingkatkan Kompetensi Nasabah, PNM Berikan Gelar Batik Ecoprint

Tingkatkan Kompetensi Nasabah, PNM Berikan Gelar Batik Ecoprint
PNM kembali mendorong nasabahnya mendapatkan pelatihan agar meningkatkan kompetensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Foto: dok PNM

jpnn.com, JAKARTA - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) kembali mendorong nasabahnya mendapatkan pelatihan agar meningkatkan kompetensi sebagai usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). 

Pemimping Cabang PNM Solo Ananto Seno mengatakan acara itu dihadiri oleh 12 nasabah PNM Mekaar dari berbagai daerah.

Mereka melaksanakan kegiatan pada kegiatan studi banding untuk meningkatkan edukasi dan ilmu baru kepada nasabah dalam dunia Batik Ecoprint di Galery batik puspita mekar, Laweyan, Solo pada 20-21 Februari 2024.

Batik Ecoprint adalah salah satu jenis batik yang menggunakan pewarna alami yang berasal dari tanin atau warna daun, akar atau batang yang diaplikasikan pada kain, setelah itu kain tersebut direbus. 

"Singkatnya batik Ecoprint adalah batik yang di mana cara pembuatannya membatik dengan menjiplak daun yang kemudian direbus," ucap Ananto dikutip di Jakarta, Senin (25/3).

Menurutnya, kegiatan pelatihan ini sejalan dengan tiga modal yang diberikan PNM kepada nasabahnya, yaitu modal finansial yang diberikan melalui pembiayaan kepada nasabah PNM Mekaar. 

Kemudian, modal sosial, PNM membangun kepedulian nasabah melalui jejaring usaha dan sinergi bisnis yang mampu membantu percepatan usaha nasabah. 

Tak lupa, kata Ananto, modal intelektual melalui pendampingan antara lain pelatihan/studi banding, serta berbagi info dan pengalaman.

PNM kembali mendorong nasabahnya mendapatkan pelatihan agar meningkatkan kompetensi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News