JPNN.com

Tingkatkan Kualitas Sperma dengan 7 Cara Alami Ini

Rabu, 23 Oktober 2019 – 10:40 WIB Tingkatkan Kualitas Sperma dengan 7 Cara Alami Ini - JPNN.com

jpnn.com - Kondisi kualitas sperma adalah salah satu faktor penentu terjadinya kehamilan. Ada banyak cara untuk meningkatkan kualitas sperma. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi suplemen atau obat-obatan, sebaiknya coba dulu cara yang alami.

Kuantitas sperma tidak dapat diukur dari jumlah semen yang keluarkan, tapi tergantung pada jumlah sel sperma dalam semen. Sementara itu, kualitas sperma ditentukan oleh bagaimana bentuk, pergerakan, dan kecepatan sperma.

Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO) sperma yang baik memiliki kriteria sebagai berikut:

  • Jumlah sperma setidaknya 15 juta sperma per milliliter cairan mani
  • Jumlah sperma bergerak setidaknya 40 persen,
  • Sperma yang berbentuk normal berjumlah setidaknya 4 persen
  • Seorang pria diakatakan mengalami gangguan kesuburan bila memiliki jumlah sperma yang terlalu sedikit dari normal, sperma yang berbentuk abnormal terlalu banyak, atau sperma yang mampu bergerak normal hanya sedikit jumlahnya.

Cara alami untuk tingkatkan kualitas sperma
Apabila lewat pemeriksaan diketahui bahwa kualitas sperma kualitas Anda kurang baik, tak perlu sedih apalagi sampai putus asa. Ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas sperma. Apa saja?

1. Rutin olahraga

Dikatakan oleh dr. Nabila Viera Yovita dari KlikDokter, aktivitas fisik intensias sedang yang dilakukan secara rutin dapat meningkatkan enzim antioksidan yang dapat melindungi sperma.

“Pria yang berolahraga rutin memiliki kadar testosteron yang lebihi tinggi serta kualitas semen yang lebih baik dibandingkan pria yang kurang aktif,” kata dr. Nabila. Durasi yang disarankan adalah 30 menit setiap sesinya.

2. Jauh-jauh dari stres

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...