Tingkatkan Literasi Digital, Kemenkominfo Gelar Edukasi kepada Murid di Sidrap

Tingkatkan Literasi Digital, Kemenkominfo Gelar Edukasi kepada Murid di Sidrap
Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar program untuk 11.838 siswa dari 230 SD dan SMP Negeri di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan. Foto: Program Kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital

jpnn.com, SIDRAP - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menggelar program untuk 11.838 siswa dari 230 SD dan SMP Negeri di Kabupaten Sidrap, Sulawesi Selatan.

Program Kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia itu diselenggarakan pada Selasa (21/3).

Kegiatan secara nonton bareng (nobar) ini mengangkat tema “Cermat Bermain Media Sosial,” dan digelar dalam rangka meningkatkan literasi digital 50 juta masyarakat pada 2024 menuju Indonesia #MakinCakapDigital.

Survei Indeks Literasi Digital Nasional yang dilakukan oleh Kemenkominfo dan Katadata Insight Center pada 2021 yang lalu, menunjukkan skor atau tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada di level sedang dengan nilai 3,49 dari 5,00.

Dengan begitu, upaya untuk meningkatkan kemampuan masyarakat Indonesia dengan memanfaatkan teknologi digital secara positif, produktif, dan aman ini menyuguhkan materi yang didasarkan pada empat pilar utama, yaitu kecakapan, etika, budaya, dan keamanan digital.

Kali ini program menampilkan sejumlah narasumber, di antaranya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Sidenreng Rappang Faizal Sehuddin yang membawakan materi etika digital.

Menurutnya, dalam bermedia digital harus memperhatikan privasi diri sendiri dan orang lain, dengan tidak sembarang memberikan informasi pribadi seperti alamat rumah, juga tidak menyebarkan berita palsu atau hoaks yang dapat merugikan orang lain.

“Mari kita jaga etika dalam menggunakan media digital, saling menghormati, dan memanfaatkan teknologi dengan bijak untuk kebaikan bersama. Etika ada karena kita adalah manusia,” ujarnya.

Tingkat literasi digital masyarakat Indonesia berada di level sedang dengan nilai 3,49 dari 5,00.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News