Tiongkok Akhirnya Percaya Donald Trump Kalah di Pilpres AS 2020

Tiongkok Akhirnya Percaya Donald Trump Kalah di Pilpres AS 2020
Presiden Amerika Serikat Donald Trump bertemu dengan Presiden China Xi Jinping saat pertemuan bilateral kedua negara pada KTT pemimpin negara G20 di Osaka, Jepang. Foto : Reuters/Lamarque

jpnn.com - Pemerintah Tiongkok akhirnya secara resmi mengucapkan selamat atas terpilihnya pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Amerika Serikat Joe Biden dan Kamala Harris.

"Tiongkok selalu mengikuti perkembangan domestik AS dan reaksi internasional terhadap Pemilihan Presiden AS," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin, Jumat (13/11).

Ucapan tersebut menjawab spekulasi yang berkembang tentang perbedaan sikap Tiongkok sekarang dengan saat Donald Trump terpilih pada Pilpres AS November 2016 lalu.

Pada saat itu, Presiden Tiongkok Xi Jinping langsung menyampaikan ucapan selamat melalui telepon kepada Trump beberapa saat setelah dinyatakan menang dalam penghitungan suara.

Beberapa media di luar Tiongkok berspekulasi bahwa terpilihnya Biden tidak sesuai dengan harapan Beijing.

Namun hal itu dibantah oleh Wang karena masih menunggu perkembangan lebih lanjut terkait hasil penghitungan surat suara.

"Kami bisa mengerti hasil pemilu akan ditentukan berdasarkan prosedur dan undang-undang di AS," ujarnya. (ant/dil/jpnn)

 

Presiden Tiongkok Xi Jinping akhirnya mengucapkan selamat kepada Joe Biden atas kemenangannya dari Donald Trump


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News