Tiongkok Bantah Rumor Mantan Presiden Tutup Usia

Tiongkok Bantah Rumor Mantan Presiden Tutup Usia
Tiongkok Bantah Rumor Mantan Presiden Tutup Usia
BEIJING - Pemerintah Tiongkok langsung meluruskan rumor soal meninggalnya mantan Presiden Jiang Zemin. Kabar tersebut berembus dari Hongkong kemarin (7/7). Hal itu terjadi setelah stasiun televisi ATV mengumumkan bahwa tokoh 84 tahun yang berkuasa pasca Tragedi Tiananmen itu meninggal dunia. Padahal, meski akhir-akhir ini kondisi kesehatannya memburuk, Jiang masih hidup.

"Semua (kabar kematian) itu murni rumor belaka," kata seorang juru bicara (jubir) pemerintah Tiongkok seperti dikutip kantor berita Xinhua.

Menurut pejabat yang identitasnya dirahasiakan tersebut, rumor tentang kematian Jiang merupakan buntut dari berita kesehatan pendahulu Presiden Hu Jintao tersebut. Akhir-akhir ini, kesehatan politikus berkacamata itu memang memburuk. Beberapa hari terakhir, dia bahkan dikabarkan berada dalam kondisi kritis.

Pejabat tadi mengatakan, rumor negatif tentang kondisi Jiang meningkat sejak peringatan hari jadi ke-90 Partai Komunis Tiongkok (CPC). Pasalnya, tokoh yang menjabat sekjen CPC periode 1989-2002 itu tidak muncul dalam perayaan. Ketika itu, dia tidak hadir karena alasan sakit. Sebelumnya, Jiang tak pernah absen dalam setiap perayaan hari jadi CPC.

BEIJING - Pemerintah Tiongkok langsung meluruskan rumor soal meninggalnya mantan Presiden Jiang Zemin. Kabar tersebut berembus dari Hongkong kemarin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News