JPNN.com

Tiongkok Kembali Bikin Kekacauan di Laut China Selatan, Amerika Cuma Bisa Prihatin

Jumat, 03 Juli 2020 – 11:01 WIB
Tiongkok Kembali Bikin Kekacauan di Laut China Selatan, Amerika Cuma Bisa Prihatin - JPNN.com
Sebuah kapal Penjaga Pantai Tiongkok (kanan) berpatroli di dekat anjungan minyak China, Haiyang Shi You 981 (kiri) di Laut China Selatan (13/6/2014). Foto: ANTARA/REUTERS/Nguyen Minh/aa

jpnn.com, WASHINGTON - Departemen Pertahanan Amerika Serikat menyatakan keprihatinan terhadap Tiongkok yang melakukan latihan militer di Laut China Selatan, seraya mengatakan tindakan itu akan semakin memperkeruh situasi di perairan sengketa tersebut.

"Menjalankan latihan militer di wilayah yang disengketakan di Laut China Selatan itu kontraproduktif bagi upaya meredakan ketegangan dan memelihara stabilitas," tulis Pentagon dalam satu pernyataan, Kamis (2/7).

Pekan lalu Tiongkok mengumumkan rencana latihan lima hari yang dimulai pada 1 Juli dekat kepulauan Paracel, wilayah perairan yang juga diklaim oleh Vietnam.

"Latihan militer merupakan rangkaian terbaru dari rentetan panjang tindakan PRC (Tiongkok) untuk menyatakan pendakuan tak sah atas wilayah laut dan merugikan para jiran Asia Tenggara-nya di Laut China Selatan," kata pernyataan itu.

AS menuduh China membuat Laut China Selatan jadi kawasan militer dan mencoba menakut-nakuti negara-negara Asia sekitar yang mungkin ingin mengeksploitasi cadangan minyak dan gasnya yang besar. (ant/dil/jpnn)

Sumber Antara

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil