Tiongkok Segera Luncurkan Layanan Navigasi Global, Saingi GPS Milik AS

Tiongkok Segera Luncurkan Layanan Navigasi Global, Saingi GPS Milik AS
Satelit. Foto: Pixabay

jpnn.com - Upaya Tiongkok mengembangkan industri teknologi sudah tak bisa dipandang sebelah mata, terutama menyaingi kemampuan Amerika Serikat.

Setelah beberapa tahun melakukan uji coba, Tiongkok bersiap merilis teknologi satelit navigasi mereka, BeiDou Navigation Satellite System. Dua satelit terakhir akan merampungkan mega proyek ini, lansir Gizmodo.

Teknologi navigasi itu dikembangkan sebagai jawaban untuk lepas dari ketergantungan pada Global Positioning System (GPS), besutan negeri Paman Sam.

Juru bicara China Satellite Navigation Office, Ran Chengqi, mengungkap bahwa China telah berhasil meluncurkan satelit yang berisikan inti dari sistem navigasi, yang memungkinkan jaringan satelit tersebut untuk menyediakan layanan secara global.

"Sebelum Juni 2020, kami berencana untuk meluncurkan dua satelit lagi ke orbit geostationary dan sistem BeiDou-3 akan lengkap sepenuhnya," ungkap Ran.

Melalui peluncuran satelit terbaru BeiDou, Ran mengklaim, jaringannya memiliki tingkat akurasi hingga lima meter di Asia Pasifik dan 10 meter di bagian dunia lainnya.

BeiDou versi ketiga diklaim sudah bisa menyediakan layanan secara global. Versi sebelumnya masih dalam wilayah Asia.

Jika resmi meluncur, maka BeiDou akan menjadi layanan navigasi global keempat yang ada di dunia, mengikuti GPS milik AS, GLONASS milik Rusia, dan Galileo milik Uni Eropa. (mg8/jpnn)

Setelah beberapa tahun melakukan uji coba, Tiongkok bersiap merilis teknologi satelit navigasi mereka, BeiDou Navigation Satellite System.


Redaktur & Reporter : Rasyid Ridha

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News