Tiongkok Siapkan Wahana untuk Petakan Bulan

Tiongkok Siapkan Wahana untuk Petakan Bulan
Tiongkok Siapkan Wahana untuk Petakan Bulan

jpnn.com - BEIJING - Badan antariksa Tiongkok berencana meluncurkan pesawat nirawak pertama ke pulan pada akhir tahun ini. Wahana  itu dinamai Yutu atau "Jade Rabbit" yang mengacu cerita rakyat di negeri Tirai Bambu itu tentang kehidupan di permukaan Bulan.

Wahana itu direncanakan menjelajahi sebuah wilayah di Bulan yang dikenal sebagai Teluk Rainbows selama tiga bulan. Menurut BBC Selasa (26/11), pesawat tak berawak ini akan berada di ruang angkasa selama 16 bulan sebelum akhirnya menjatuhkan diri ke permukaan Bulan.

Untuk melakukan pemetaan di wilayah tersebut, Jade Rabbit dibekali sebuah rover guna mempermudah menyusuri permukaan. Dalam beberapa tahun terakhir, Tiongkok telah membuat kemajuan besar dalam program ruang angkasanya.

Bulan Juni silam, tiga astronotnya menghabiskan 15 hari di orbit dan melakukan percobaan di laboratorium ruang angkasa. Tiongkok mengirimkan astronot pertamanya ke luar angkasa pada 2003 serta menjadi negara ketiga setelah Rusia dan Amerika Serikat yang sukses mencapai perjalanan ruang angkasa berawak secara mandiri.

Keberhasilan ini membuat AS mencurigai upaya penjelajahan ruang angkasa Tiongkok itu terkait dengan kemampuan militernya. (esy/jpnn)


BEIJING - Badan antariksa Tiongkok berencana meluncurkan pesawat nirawak pertama ke pulan pada akhir tahun ini. Wahana  itu dinamai Yutu atau


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News