Tips Aman Berpuasa bagi Penderita Diabetes

Tips Aman Berpuasa bagi Penderita Diabetes
Ilustrasi diabetes. Foto: Antara

jpnn.com, SURABAYA - Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan Konsultan Endokrin Metabolik dan Diabetes Siloam Hospitals Surabaya Dr. dr. Soebagijo Adi Soelistijo, SpPD-KEMD memberikan tips aman dan nyaman berpuasa bagi para penderita diabetes.

"Diabetes memiliki dua gejala yaitu gejala akut dan kronis. Gejala ini terkadang tidak disadari oleh sebagian besar masyarakat," kata dr Soebagijo saat Bincang Sehat Bersama Siloam yang digelar secara virtual di Surabaya, Kamis (15/4).

Dijelaskan, komplikasi akibat diabetes seperti hipoglikemia, hiperglikemia, stroke, kebutaan, dan serangan jantung, akan menghantui penderita diabetes.

Karenanya penting melakukan pemeriksaan secara rutin untuk mengetahui kadar gula dalam darah.

"Obat untuk diabetes tidak boleh ditakar atau ditentukan sembarangan secara mandiri, pemakaiannya harus sesuai anjuran dokter agar sesuai dengan kebutuhan" katanya.

Berpuasa bagi penderita diabetes, lanjut dia, diperbolehkan dengan syarat, yaitu memenuhi kriteria scoring.

"Disarankan bagi penderita diabetes untuk melakukan scoring bagi diri sendiri untuk mengetahui apakah kondisi tubuh memungkinkan untuk melakukan ibadah puasa," katanya.

Dari scoring tersebut ada tiga kategori yaitu:

Berikut ini tips aman berpuasa bagi penderita diabetes, sebagaimana dipaparkan dokter spesialis pengakit dalam Dr. dr. Soebagijo Adi Soelistijo, SpPD-KEMD.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News