Tips Melepaskan Penat Pekerjaan Saat Berada di Rumah

Tips Melepaskan Penat Pekerjaan Saat Berada di Rumah
Ilustrasi stres. Foto: WorktoLive.com

jpnn.com - Saat pulang kerja, sering kali sulit untuk melepaskan diri dari pikiran mengenai laporan yang perlu Anda arsipkan atau mengkhawatirkan tinjauan atau pertemuan yang akan dihadapi.

Tapi sangat penting bila tidak membawa stres itu ke rumah.

"Jika tidak, adrenalin Anda melepaskan kortisol," kata pakar keseimbangan kehidupan kerja, Mary LoVerde, seperti dilansir laman Today, Kamis (3/8).

Peningkatan kadar hormon stres seperti kortisol pada gilirannya bisa menyebabkan masalah pada kesehatan.

Untuk mencegah hal ini, Mary menginstruksikan kliennya untuk terlibat dalam apa yang dia sebut ritual jam kekuasaan, saat mereka pulang kerja.

"Setelah Anda kembali dari kantor, cobalah untuk terlibat dalam serangkaian ritual yang akan membantu Anda menghilangkan stres dan mengalihkan pikiran Anda dari pekerjaan ke mode rumah," jelas LoVerde.

Misalnya, LoVerde dulu adalah perawat di ruang gawat darurat. Ketika dia pulang, dia akan menyapa semua orang di keluarganya dan kemudian langsung naik ke lantai atas untuk mandi dan membersihkan semua kuman dan menghilangkan stres yang dia rasakan.

Setelah itu, dia akan menyikat giginya, berpakaian dan turun untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak-anaknya.

Saat pulang kerja, sering kali sulit untuk melepaskan diri dari pikiran mengenai laporan yang perlu Anda arsipkan atau mengkhawatirkan tinjauan atau

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News