Tips Memilih Ban Mobil yang Aman

Tips Memilih Ban Mobil yang Aman
Mekanik sedang melakukan pemeriksaan pada ban mobil. Foto: Encarmagizine

jpnn.com, JAKARTA - Ban merupakan elemen penting pada sebuah mobil. Sebab, ban akan mengalami penurunan daya cengkram dipermukaan aspal seiring pemakaian.

Sesuai anjuran pabrikan, ban mobil wajib diganti ketika tiga tahun atau lebih dari 40 ribu km.

Ketika pengguna melakukan penggantian ban, disarankan untuk mengikuti cara yang aman dan jangan mengubah spesifikasi ban yang sudah ditentukan.

Customer Engineering Support Michelin Indonesia Mochammad Fachrul Rozi mengatakan, umumnya pengendara mencari ban mobil dengan kualitas baik, aman, nyaman, dan memiliki value for money.

“Yang seperti apa sih ban yang baik? Ban yang tidak berubah performanya ketika masih baru sampai mendekati habis masa pakai. Sehingga meski kondisi hujan, laju pengereman tidak berkurang,” ujar Fachrul dalam keterangan tertulisnya, Minggu (29/11).

Kemudian, Facjrul mengimbau kepada pengguna agar tidak mengubah spesifikasi atau tipe ban yang telah diberikan oleh pabrikan mobil.

Menurutnya, banyak pengendara sengaja mengubah atau memodifikasi ban dengan memperkecil atau menipiskan tanpa menyadari risiko keselamatan yang ditimbulkan.

“Jangan pernah mengganti ban dengan ukuran yang lebih kecil karena menyalahi aturan pabrikan terkait load index dan speed index dan bisa membahayakan keselamatan berkendara,” kata Rozi.

Banyak pengendara sengaja mengubah atau memodifikasi ban dengan memperkecil atau menipiskan tanpa menyadari risiko keselamatan yang ditimbulkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News