Tips Memilih Rumah Lelang Agar Tak Merugi, Catat Nih!

Tips Memilih Rumah Lelang Agar Tak Merugi, Catat Nih!
Rumah lelang memang terbilang murah dibandingkan harga biasanya. Hal itu selalu membuat banyak orang tergiur. Ilustrasi: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Rumah lelang memang terbilang murah dibandingkan harga biasanya. Hal itu selalu membuat banyak orang tergiur.

Ahli properti dan pembiayaan Pinhome Vina Yenastri mengingatkan mereka yang ingin membeli rumah lelang harus hati-hati, karena tak jarang biaya renovasi cukup besar.

"Rumah lelang itu memang harganya di bawah pasaran, tapi ada banyak hal yang harus diperhatikan, seperti kondisi rumah dan apakah rumah itu masih dihuni atau tidak," kata Vina dalam webinar edukasi Pinhome x GenBi, Sabtu (23/10).

1. Perhatikan kondisi rumah

Menurut Vina, pembeli harus benar-benar melihat kondisi rumah.

Calon pembeli perlu menyadari rumah yang diperoleh dari hasil lelang akan diterima sebagaimana adanya kondisi saat rumah itu dimenangkan.

"Rumah lelang itu dijual apa adanya, jadi kalau ada yang harus diperbaiki, itu ditanggung oleh pemenang lelang," jelasnya.

2. Cek tunggakan

Terkait tunggakan finansial, hal itu juga akan menjadi tanggung jawab pemenang lelang. "Misal ada IPL, iuran pengelolaan lahan, itu juga jadi tanggung jawab pemenang lelang," tambah Vina.

Kemudian ada biaya pengosongan jika masih ada penghuni di rumah tersebut.

Rumah lelang memang terbilang murah dibandingkan harga biasanya. Hal itu selalu membuat banyak orang tergiur.

Sumber Warta Ekonomi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News