Tips Mencegah Flu Selama Hamil

Tips Mencegah Flu Selama Hamil
Ilustrasi

jpnn.com - FLU adalah penyakit yang umum terjadi pada kita, apalagi jika cuaca sedang dalam musim perubahan (pancaroba) atau pada musim-musim penghujan. 

Penyakit flu juga bisa menyebabkan ibu hamil menjadi sangat menderita. Saat hamil, seluruh tubuh sering merasa tidak enak, pegal-pegal, mual dan lainnya. Jika ditambah penyakit flu, tentu penderitaan ibu hamil menjadi lebih berat. Apalagi, ibu hamil dilarang mengonsumsi obat-obatan karena dapat membahayakan kesehatan janin.

Sebaiknya, ibu hamil selalu menjaga stamina tubuh agar kekebalan tubuh tetap baik. Makanlah makanan yang bergizi sesuai dengan kebutuhan ibu hamil. Jika ibu hamil merasa mual, maka makanlah secara bertahap. Dalam musim penghujan dimana flu banyak menyerang orang-orang di sekitar kita, maka ibu hamil harus menjaga jarak dari para penderita flu. 

Jika ada anggota keluarga yang terkena flu, ada baiknya orang tersebut menggunakan masker agar tidak menulari ibu hamil. 

"Karena sistem kekebalan tubuh lebih lemah selama kehamilan, ibu hamil lebih rentan terhadap virus flu," kata OB GYN, Dr. Alane Park, seperti dilansir laman Fox News, Senin (23/2)

Flu meningkatkan peluang Anda mengalami keguguran, terutama pada trimester pertama, serta persalinan prematur dan kelahiran prematur. Selama kehamilan dan sampai dua minggu postpartum, ada juga peningkatan risiko untuk rawat inap dan bahkan kematian.

Kabar baiknya adalah bahwa ada beberapa cara untuk mencegah flu sehingga Anda dapat tetap sehat selama kehamilan Anda.

1. Dapatkan vaksin flu

FLU adalah penyakit yang umum terjadi pada kita, apalagi jika cuaca sedang dalam musim perubahan (pancaroba) atau pada musim-musim penghujan. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News