Tips Menjelaskan tentang Menstruasi kepada Anak Perempuan

Tips Menjelaskan tentang Menstruasi kepada Anak Perempuan
Ilustrasi wanita. Foto : Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Masih banyak orang tua terutama ibu yang belum tahu bagaimana membicarakan topik menstruasi pada anak perempuan mereka sebelum memasuki masa menarke atau menstruasi kali pertama.

Psikolog dari Klinik Terpadu Fakultas Psikologi Universitas Indonesia Anna Surti Ariani membagi tips terkait masalah itu.

Mulailah dari sejumlah pertanyaan yang umum ditanyakan anak-anak mengenai menstruasi seperti apa perbedaan pembalut bersayap dan tidak, cara penggunannya, lalu kapan perempuan menstruasi dan berhenti dan apa itu menstruasi.

“Anda juga bisa membahas masalah perubahan fisik seperti payudara akan membesar, soal pinggul, perubahan suasana hati sebelum dan sesudah menstruasi,” kata Nina, panggilan akrabnya, dalam sebuah acara daring mengenai kesehatan reproduksi, dikutip Jumat.

Kemudian, bila anak sudah memasuki masa menstruasi, Anda bisa membahas soal perlunya sesekali bawa pembalut cadangan dan hal yang perlu dilakukan saat bocor, cara mencatat masa menstruasi dan alasannya mengapa penting, bagaimana menjaga kebersihan ekstra saat menstruasi hingga soal keputihan.

Nina mengatakan, si ibu sebelumnya perlu membekali diri dengan informasi dan pemahaman yang tepat soal menstruasi.

"Bekali diri (juga) dengan cara komunikasinya. Biasanya saya menyarankan coba mengobrolnya pas lagi santai, kita bisa tanya jawab dan sebagainya," kata Nina.

Nina mengatakan, berbicara menstruasi pada remaja perempuan bukan hal tabu, melainkan penting karena menyangkut kesehatan reproduksi.

Psikolog dari UI Anna Surti Ariani menjelaskan tips cara menjelaskan tentang menstruasi kepada anak perempuan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News