Titik Koordinat Perbatasan Belum Tuntas

Titik Koordinat Perbatasan Belum Tuntas
Titik Koordinat Perbatasan Belum Tuntas

WILAYAH perbatasan memang tidak pernah lepas dari masalah. Satgas Pamtas 405/SK Diponegoro memergoki utusan Malaysia di patok GP 1-Desa Labang, Lumbis Ogong. 

Kepada satgas, mereka mengaku hanya utusan juru pemetaan. Di patok batas negara itu Malaysia lebih dahulu memperbarui kondisi wilayah mereka, dicat atau diberi tanda khusus agar mudah terdeteksi dari udara. 

Tetapi, pada awal 2014, kabarnya Mabes TNI sempat turun ke Sungai Sumantipal yang sudah diklaim Malaysia sebagai wilayahnya. Tim dari Mabes TNI itu mengukur titik koordinat di sela masa perundingan batas wilayah yang hingga kini belum juga tuntas. 

Secara politik, warga desa berharap pemerintah Indonesia segera membangun infrastruktur di perbatasan. Misalnya, pembangkit listrik tenaga hydro dengan memanfaatkan arus deras riam dan perkebunan rakyat yang cepat menghasilkan, antara lain kakao dan karet. Begitu juga, potensi lain yang bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat di Lumbis Ogong. 

WILAYAH perbatasan memang tidak pernah lepas dari masalah. Satgas Pamtas 405/SK Diponegoro memergoki utusan Malaysia di patok GP 1-Desa Labang,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News