Tito Tuntaskan Fit and Proper Test, Komisi III DPR Langsung Yes....

Tito Tuntaskan Fit and Proper Test, Komisi III DPR Langsung Yes....
Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Komisi III DPR hari ini telah merampungkan fit and proper test terhadap Komjen Tito Karnavian sebagai calon Kapolri. Hasilnya, komisi di DPR yang membidangi hukum itu menyetujui Tito untuk diangkat sebagai Kapolri.

Ketua Komisi III DPR Bambang Soesatyo menyatakan, seluruh fraksi menyatakan persetujuan mereka terhadap keputusan Presiden Joko Widodo menunjuk Tito sebagai calon Kapolri. Seiring itu pula, Komisi III DPR menyetujui usul dari Jokowi -sapaan Joko Widodo- tentang pemberhentian Badrodin Haiti dari posisi Kapolri.

"Berdasarkan pertimbangan pandangan dan catatan yang disampaikan fraksi, seluruh anggota komisi III DPR secara mufakat menyetujui pemberhentian dengan hormat Jenderal Badrodin Haiti dan menyetujui pengangkatan Komjen Tito Karnavian," ujar Bambang di akhir fit and proper test calon Kapolri  di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (23/6).

Untuk kelanjutannya, keputusan itu akan ditetapkan dalam rapat paripurna DPR pekan depan. "Pada 27 Juni, Senin mendatang," tutur politikus Golkar yang beken disapa dengan nama Bamsoet itu.

Sebelumnya, DPR pada 15 Juni lalu menerima surat dari Jokowi perihal penunjukkan Tito sebagai calon tunggal Kapolri. ‎Secara khusus, Jokowi meminta agar DPR secepatnya memproses usulan itu.(dna/JPG/ara/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News